#
INFO, Palestina

Tingkat Buta Huruf di Palestina Terendah di Dunia

Tepi Barat – Infopalestina: Data statistik yang disusun oleh Biro Pusat Statistik Palestina atau PCBS (Palestinian Central Bureau of Statistics) menunjukkan tingkat angka buta huruf di wilayah Palestina terendah di dunia, di mana hanya ada 126 ribu buta huruf orang dewasa di wilayah Palestina.

Demikian diumumkan Ola Awad, Penjabat Pelaksana Ketua PCBS, pada peringatan Hari Pemberantasan Buta Huruf Internasional yang jatuh pada hari Selasa (8/9). Dia menyatakan bahwa hal itu sesuai dengan definisi United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO), yang mendefinisikan bahwa orang yang buta huruf adalah orang yang tidak dapat membaca dan menulis kalimat sederhana tentang kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan tersebut Awad memaparkan indikator paling menonjol yang terkait dengan buta huruf di wilayah Palestina. Tingkat buta huruf antara individu-individu yang berusia 15 tahun ke atas 5,9% (2,9% pria dan 9,1% perempuan) pada tahun 2008. Sementara di negara-negara Arab 28,9% pada tahun-tahun 2005 – 2007 menurut data dari UNESCO Institute for Statistics (UIS). Jumlah buta aksara di dunia Arab (61) juta pada tahun yang sama. Di antaranya 39 juta perempuan, dengan proporsi buta huruf di kalangan perempuan hingga 38,5% dibandingkan 19,7% di kalangan laki-laki. Dan tingkat buta huruf seluruh dunia di antara individu-individu yang berusia 15 tahun ke atas 16,1%. Dengan jumlah buta aksara di dunia, kira-kira (774) juta orang, di antaranya 496 juta adalah perempuan. Di mana tingkat buta aksara antara laki-laki dewasa di dunia 11,6%, sementara di kalangan perempuan dewasa 20,6% untuk tahun yang sama.

Sebuah Pergeseran Kualitatif

Awad mengatakan telah terjadi pergeseran yang jelas pada tingkat buta aksara dalam dua belas tahun terakhir. Data-data menunjukkan terjadinya penurunan yang signifikan sejak tahun 1997 pada angka buta huruf; di mana angka buta aksara di antara individu yang berusia 15 tahun ke arah 5,9% pada tahun 2008, sementara pada tahun 1997 sebesar 13,9%. Ini berarti bahwa dari setiap 100 orang berusia 15 tahun ke atas terdapat 6 orang yang buta huruf.

Kecenderungan penurunan ini berlaku untuk kedua jenis kelamin; di mana di kalangan laki-laki turun dari 7,8% pada tahun 1997 menjadi 2,9% pada tahun 2008. Sementara di kalangan perempuan turun dari 20,3% menjadi 9,1% untuk periode yang sama. Penurunan tertinggi terjadi di kalangan laki-laki; di mana tingkat penurunan mencapai 62,8%, sementara di kalangan perempuan 55,2%.

Pada tingkat komunitas masyarakat, telah terjadi penurunan di komunitas perkotaan dari 12,4% pada tahun 1997 menjadi 5,2% pada tahun 2008, sedangkan di masyarakat pedesaan dari 16,9% menjadi 7,5% untuk periode yang sama. Kemudian di kamp-kamp pengungsian dari 13,5% menjadi 5,9% untuk periode yang sama.

Penurunan tertinggi terjadi di daerah perkotaan; yaitu turun 58,1%, sementara itu di kamp-kamp pengungsian dan masyarakat pedesaan 56,3% dan 55,6%. Tingkat buta aksara terendah di tahun 2008 terjadi di kalangan laki-laki di daerah perkotaan sebesar 2,7%, berikutnya di kalangan laki-laki di kamp-kamp pengungsian sebesar 2,9%. Yang tertinggi di kalangan laki-laki di daerah pedesaan sebesar 3,1%. Tingkat angka buta huruf di kalangan perempuan juga beragam, yang tertinggi di daerah pedesaan sebesar 11,9%, berikutnya di kamp-kamp pengungsian sebesar 8,9% kemudian di daerah perkotaan 7,7%.

Ms. Awad menambahkan bahwa pada tingkat usia, data menunjukkan angka buta huruf di antara individu-individu yang berusia 65 tahun ke atas adalah yang tertinggi dibandingkan dengan kelompok usia lainnya, yaitu mencapai 59,2% pada tahun 2008. Sementara di kalangan orang-orang muda berusia antara 15-24 tahun sebesar 0,8% untuk tahun yang sama.

Jericho dan Lembah Yordan Tertinggi, Jalur Gaza Terendah

Ms. Ola Awad menyatakan bahwa angka buta huruf di tingkat provinsi berbeda-beda. Tingkat buta aksara tertinggi di antara individu yang berusia 15 tahun ke atas di propinsi Jericho dan Lembah Jordan mencapai 8,3%, diikuti oleh propinsi Tubas 7,8%. Persentase terendah buta aksara terjadi di provinsi Gaza, sebesar 4,4%.

Awad menambahkan bahwa buta aksara di tanah Palestina berjumlah sekitar 125.788 jiwa, berusia 15 ke atas di tahun 2008. Yang tersebar secara beragam di berbagai wilayah Palestina: 84.020 buta aksara di Tepi Barat, 41.768 buta aksara di Jalur Gaza. berdasarkan jenis kelamin, tingkat buta huruf laki-laki 30.574 jiwa dan perempuan 95.214 jiwa. Sedangkan berdasarkan tempat tinggal, 58.615 buta huruf di perkotaan, 44.173 buta aksara di pedesaan dan 23.000 di kamp-kamp pengungsian.

Awad menyatakan bahwa PCBS pada tahun 2004 – bekerjasama dengan UNESCO Institute for Statistics (UIS), dan tergabung dalam grup internasional – telah mulai bekerja melakukan survei rumah tangga untuk melaksanakan program evaluasi dan monitoring tingkat baca atau LAMP (Literacy Assessment Monitoring Program). Program ini fokus untuk menguji kemampuan orang dalam menggunakan keterampilan membaca, menulis dan berhitung dalam kehidupan mereka, dengan menjawab serangkaian tes melalui survei rumah tangga pada sampel orang-orang dalam kelompok usia 15-60 tahun; di mana Palestina adalah negara pertama yang melaksanakan survei yaitu pada kuartal terakhir tahun 2006. Direncanakan akan dilaksanakan survei utama selama kuartal terakhir pada tahun tahun 2009. (seto)

About these ads

About Ahmad Kurnia Elqorni

Kelahiran Garut yang sejak 1997 bermukim di Cikarang-Bekasi, Berprofesi pendidik sejak tahun 1990 yang concern terhadap perkembangan ilmu komunikasi, organisasi, budaya etnis, manajemen dan saat ini penulis sebagai dosen di STIE Swadaya Cikarang dan STBA-JIA Bekasi, .

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Image by FlamingText.com
Image by FlamingText.com

ARSIP

TOP RATE

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: