ANDAI SAJA TERSENTUH DEBU JIHAD

Tatkala hendak wafat, Yunus bin Ubaid rahimahulloh, tabi’in yang agung mengamati kedua kakinya, lalu menangis. Ketika di tanyakan kepada beliau, “Wahai Abu Abdillah, apa yang menyebabkan anda menangis?” Beliau menjawab: Kedua telapak kakiku belumpernah tersentuh debu jihad dijalan Alloh.

Kalau saja kedua kakiku pernah tersentuh debu jihad dijalan Alloh, tentulah aku merasa aman dari azab.

Sedemikian tingginya tingkat wara’ dan cita-cita para salaf. Mereka berangan-angan untuk mampu meraih puncak kebaikan supaya tidak terlewat satupun pintu kebaikan. Inilah Yunus bin Ubaid yang memiliki motto,”Bersegera dalam ketaatan di setiap saat dan menunaikan kewajiban disetiap kesempatan.” Sampai-sampai orang berkata,” Tiada datang hak-hak Alloh melainkan Yunus bin Ubaid menunaikanya.”

Namun demikian Beliau masih menyesali dirinya tatkala menjelang wafat, Karna belum terbuka kesempatan bagi Beliau untuk berjihad fie sabilillah yang beliau isyratkan dengan istilah “ debu jihad dijalan Alloh.”

Pada masa itu, memang keadaan sangat tenang, aman dan damai, Sehingga Beliau disibukkan dengan dakwah, amal shaleh dan berkhidmat untuk umat. Sesuai dengan profesinya sebagai pedagang, Beliau senantiasa berdagang dengan sangat jujur dan mengharapkan pahala serta ridho Alloh dalam setiap perdaganganya. Disamping kesibukan bisnis, Beliau juga disibukkan dengan ilmu agama dan periwayatan hadits. Pendek kata , seluruh waktu beliau manfaatkan untuk beribadah dan menggapai ridho illahi.

Akan tetapi beliau memiliki perasaan yang peka terhadap kebikan dan jaminan Rosululloh yang begitu tinggi, sehingga beliau paham betul bahwa jihad dijalan Alloh adalah “dzirwatu sanamil Islam,” puncak ketinggian Islam.

Beliau berangan-angan, kalau saja kedua telapak kakinya tersentuh debu jihad dijalan Alloh, tentunya beliau akan tenang meninggalkan dunia fana dengan rasa aman dan yakin akan selamat dari azab Alloh, selagi dibarengi dengan niat yang ikhlas jauh dari ujub, riya dan sum’ah.

Itulah amalan sholeh berupa debu jihad yang menyentuh kedua telapak kaki, karena pahala jihad fie sabilillah didapatkan.

“Dan berbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan. Dan berjihadlah kamu dijalan Alloh dengan jihad yang sebenar-benarnya” ( QS Al  Hajj 77-78 )

 

Sumber :  Majalah BIDIK  edisi perdana Th.1 Januari 2003

 

 

Tinggalkan komentar